Selasa, 08 Oktober 2013

Memanagement Aktifitas Anak Usia Sekolah Dasar

              Untuk para ibu-ibu muda yang mempunyai anak usia sekolah , khususnya anak usia sekolah dasar sekitar sembilan sampai sepuluh tahun perlu untuk mengatur waktu anak sebaik mungkin. Usia anak rentang enam hingga dua belas tahun adalah usia anak yang paling aktif dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Saking aktifnya sering kali mereka jatuh sakit karena terlalu letih dan kurang istirahat. Di sinilah tugas ibu untuk mengatur waktu dan segala aktifitas anak.
                Pada pagi hari bangunkan anak dengan kata-kata dan sikap yang halus, biasakan membereskan tempat tidur sebelum meninggalkan kamar.Setelah anak selesai mandi sediakan makanan sarapan yang bergizi. Sarapan sangat berguna bagi aktifitasnya sehari-hari yang membutuhkan banyak energy.
                Ketika anak pulang sekolah dan sudah sampai di rumah biasakan mengganti baju lalu mencuci tangan juga kaki hingga bersih. Sediakan makanan mengandung banyak karbohidrat agar dapat mengganti energinya di sekolah tadi. Setelah makan sebaiknya anak beristirahat yang cukup contohnya seperti tidur siang minimal satu jam.
                Setelah bangun dari tidur siang, biarkan anak beraktifitas sendiri seperti bermain misalnya. Jangan larang anak untuk mengeksplorasi ekspresinya karena pada usia saat ini rasa ingin tahu dan ingin di akui sangat besar. Sekitar jam lima sore ajak anak untuk mandi sore, setelah mandi biasakan untuk mengerjakan PR atau membahas pelajaran untuk besok. Jangan lupa makan malam, jam makan malam sebaiknya jangan terlalu malam sekitar jam tujuh lebih baik. Setelah makan malam biarkan anak untuk membereskan keperluan sekolahnya besok. Kemudian jika sudah menunjukan pukul Sembilan malam, rujuk anak untuk masuk kamar dan segera tidur. Jangan lupa untuk menggosok gigi terlebih dahulu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar