1.
Manajemen adalah koordinasi semua
sumber daya melalui proses perencanaan, pengordinasian, penetapan tenaga kerja,
pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan
1.
Jenis-jenis manajemen diantaranya :
a.
Manajemen lini : adalah tingkatan manajemen
yang paling rendah dalam suatu organisasi, dimana hanya satu orang yang
bertanggung jawab terhadap suatu organisasi
b.
Manajemen menengah : yaitu mencakup
lebih dari satu tingkatan di dalam organisasi
c.
Manajemen puncak : terdiri dari
kelompok yang relative kecil yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan
dari organisasi. Sebutan untuk manajemen puncak ini adalah direktur utama
1.
Kepemimpinan adalah suatu struktur
yang bertujuan untuk mendidik, memimpin, memberikan motivasi, memberikan
bimbingan, nasihat dan lain sebagainya kepada bawahan.
1.
Perencanaan yaitu fungsi seorang
manajer yang berhubungan dengan pemilikan dari sekumpulan kegiatan-kegiatan dan
pemutusan-pemutusan tujuan-tujuan, kebijaksanaan-kebijaksanaan serta
program-program yang dilakukan
1.
Manfaat perencanaan menurut Louis A
Allen
a.
Forecasting : memperkirakan
pekerjaan-pekerjaan yang akan dilakukan pada saat akan datang oleh manajer
b.
Programming : program kegiatan untuk
mencapai tujuan tertentu
c.
Budgeting : penyusunan anggaran dalam
suatu organisasi
d.
Developing procedure : menentukan cara
yang tepat dalam penyelenggaraan pekerjaan dalam rangka adanya efisiensi
Jenis perencanaan dalam orgnisasi
a.
Rencana global (global plan) :
penentuan tujuan suatu organisasi secara menyeluruh
b.
Rencana strategic (strategic plan) :
bagian dari rencana global yang terperinci
c.
Rencana operasional (operational plan)
: perencanaan terhadap kegiatan-kegiatan operasional yang bersifat jangka
pendek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar