Jumat, 03 Oktober 2014

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

Pada tulisan kali saya akan menjelaskan mengenai system informasi psikologi. Tetapi sebelumnya saya akan menjelaskan mengenai pengertian system informasi. SISTEM INFORMASI adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
Sistem informasi memiliki komponen berupa subsistem yang merupakan elemen elemen yang lebih kecil yang membentuk sistem informasi tersebut misalnya bagian input, proses, output. Tanpa ketiga itu sistem informasi tidak dapat berjalan dengan baik.
1. Input : sekumpulan data yang akan kita olah menjadi sebuah informasi yang nantinya akan kita sajikan bagi masyarakat.
2. Proses : suatu kegiatan dimana kita mengolah seluruh data yang ada untuk menghasilkan suatu informasi .
3. Output : informasi-informasi yang dapat dengan mudah di peroleh, di mengerti dan dimanfaatkan oleh masyarakat.
Setelah membahas mengenai pengertian dan komponen system informasi, sekarang kita membahas pengertian psikologi. Psikologi berasal dari bahasa Yunani yaitu psyche dan logos. Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Jadi dapat disimpulkan psikologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai jiwa atau tingkah laku manusia.
Menurut beberapa ahli pengertian psikologi adalah
1.      Wilhem Wundt Psikologi adalah ilmu yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul pada diri manusia, seperti perasaan panca indra, pikiran, feeling, dan kehendak.
2.      Plato dan Aritoteles Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.
3.       Crow & Crow Pschycology is the study of human behavior and human relationship. (Psikologi ialah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia: hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.

Berdasarkan masing-masing pengertian dari kata di atas, maka dapat disimpulkan pengertian system informasi psikologi adalah suatu system yang menggunakan teknologi untuk mendukung kinerjanya yang menggunakan manusia untuk menjalankannya dan berfungsi untuk  mempelajari juga membagikan informasi mengenai tingkah laku manusia.



Daftar Pustaka
https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=0CDMQFjAC&url=http%3A%2F%2Fbima.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F3331%2FSISTEM%2BINFORMASI.ppt&ei=ZHAvVMmtFIvUuQSviIGwCg&usg=AFQjCNHrYnBancOgqBFGv61P2ajejKsChg&sig2=_RIZobpnb1Rjfdl1H-wdmw (diaskes pada Sabtu, 04 Oktober 2014)
http://books.google.co.id/books?id=UgRK0UM3d00C&pg=PA32&dq=psikologi+adalah&hl=en&sa=X&ei=ynAvVIHCMcfkuQSViIL4BA&ved=0CBwQ6AEwAA (diaskes pada Sabtu, 04 Oktober 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar