Minggu, 12 Oktober 2014

Hubungan Arsitektur Komputer Dan Struktur Kognitif Manusia

           Pada jaman yang modern ini setiap pekerjaan telah di mudahkan oleh seperangkat alat yang dapat meringankan pekerjaan manusia. Alat tersebut bernama komputer. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer pada awalnya dipergunakanuntuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika., dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Setelah memahami pengertian komputer, saya akan membahas mengenai konstruksi dan bagian penempatan dari computer itu sendiri. Arsitektur disini dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada hakekatnya sama atau hampir semuanya komputer digital, namun terdapat variasi dalam konstruksinya yang merefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda.
Setelah membahas pengertian dari arsitektur komputer, sekarang saya akan membahas mengenai struktur kognitif manusia. Menurut Ausable ia berpendapat bahwa struktur kognitif merupakan organisasi pengetahuan atau dengan kata lain bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan. Struktur kognitif seseorang tidak lain adalah organisasi pengetahuan faktual yang diperoleh dari lingkungan. Struktur kognitif terbentuk dari informasi lingkungan sebagai suatu stimulus dari lingkungan yang selalu berubah, maka struktur kognitif atau pengetahuan pun akan terus berkembang. Keadaan struktur kognitif yang berkembang inilah yang mungkin menjadi prasyarat bagi seseorang yang untuk mengasimilasi dan mengakomodasi pengetahuan atau informasi lain dari lingkungan sehingga struktur kognitif ini dapat memiliki kemampuan untuk berkembang.

KETERKAITANNYA
Kesimpulan dan keterkaitan dari pengertian di atas yaitu setiap manusia mempunyai struktur kognitif yang di sebut juga sebagai organisasi pengetahuan. Struktur kognitif manusia dapat terbentuk melalu informasi lingkungan yang selalu berubah seiring berjalannya waktu. Dengan struktur kognitif tersebut, manusia dapat mengerjakan pekerjaan dengan terstruktur. Untuk mempermudah pekerjaannya, manusia menciptakan sebuah alat yang digunakan untuk membantu mempermudah pekerjaannya. Alat tersebut dinamakan komputer.
Komputer juga mempunyai struktur dan organisasi dari elemen-elemen yang mempunyai keguanaan masing-masing. Penempatan komponen ini disebut dengan arsitektur komputer, penempatan elemen ini didasari oleh fungsi dan kegunaan masing-masing elemen, sama dengan struktur kognitif manusia.

Jadi manusia menggunakan pengetahuannya untuk membuat sebuah alat yang cara kerjanya juga penempatannya hampir mirip dengan pemikiran manusia yang diguanakan untuk mempermudah setiap pekerjaan yang dilakukan oleh manusia.



Sumber :
https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&sqi=2&ved=0CCMQFjAB&url=http%3A%2F%2Fsilvia.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F23753%2FArsitektur%2BKomputer.pdf&ei=d4k6VOW0EJGhugSd54CADQ&usg=AFQjCNG0TuITG8Ii-by8kLKYFdx_vAPFeQ&bvm=bv.77161500,d.c2E

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/analisa-perbedaan-struktur-kognisi-manusia-dan-arsitektur-komputer-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar