Selasa, 18 November 2014

Lingkup Data

     Hirarki data merupakan:
*      Database adalah kumpulan dari beberapa file atau tabel yang saling berhubungan antara file yang satu dengan yang lainnya. 
*      File adalah kumpulan dari record yang saling berkaitan dan memiliki format field yang sama dan sejenis.
*      Record adalah kumpulan dari field yang menggambarkan satu unit data individu tertentu.
*      Field adalah suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari sebuah field.
*      Byte adalah atribut dari field yang berupa karakter yang membentuk nilai dari sebuah field.
*      Bit adalah bagian terkecil dari data secara keseluruhan, yaitu berupa karakter ASCII nol atau satu yang merupakan komponen byte.

Penyimpanan Sekunder : Penyimpanan di luar penyimpanan primer, penyimpanan sekunder juga sering di sebut perangkat keras atau perangkat tambahan. Ruang penyimpanan sekunder juga lebih besar dari penyimpanan primer.
Sequential Access Storage Device (SASD, Penyimpanan Berurutan)
Penyimpanan berurutan (sequential storage) adalah suatu organisasi atau penyusunan data di suatu medium penyimpanan yang terdiri dari satu catatan mengikuti satu catatan lain dalam suatu urutan tertentu. Contoh : Nilai ulangan anak kelas 3 di urutkan berdasarkan yang terendah.
Direct Access Storage Device (DASD, Penyimpanan Akses Langsung)
Penyimpanan akses langsung (direct access storage) adalah suatu cara mengorganisasikan data yang memungkinkan catatan-catatan ditulis dan dibaca tanpa pencarian secara berurutan. Contoh : Mass Storage

Pemrosesan data : (data processing) adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubah data menjadi informasi atau pengetahuan. Pemrosesan data ini sering menggunakan komputer sehingga bisa berjalan secara otomatis. Setelah diolah, data ini biasanya mempunyai nilai yang informatif jika dinyatakan dan dikemas secara terorganisir dan rapi, maka istilah pemrosesan data sering dikatakan sebagai sistem informasi. Kedua istilah ini mempunyai arti yang hampir sama, pemrosesan data mengolah dan memanipulasi data mentah menjadi informasi (hasil pengolahan), sedangkan sistem informasi memakai data sebagai bahan masukan dan menghasilkan informasi sebagai produk keluaran.
Batch Processing (Pengolahan Data Berkelompok)
Pengolahan yang dilakukan dengan mengumpul transaksi dalam periode tertentu. Contoh penggunaan Batch Processing adalah percetakan, pengolahan data, dan konversi
            Online Processing (Pengolahan Data Langsung)

Pengolahan data yang dilakukan pertransaksi. Jadi pemrosesan data dilakukan pada saat itu juga, tanpa membutuhkan waktu lagi. Contoh : pembayaran melalui internet, berbelanja online.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrosesan_data (diakses pada Selasa, 18 November 2014)
H.M Jogianto., 1995. Analisis dan Desain Sistem Informasi (Pendekatan Terstruktur). Andi Ofset. Yogyakarta

1 komentar:

  1. HM, Jogiyanto, Analysis and Disain Sistem Informasi (Pendekatan terstruktur), Penerbit Andi Offset, Yogyakarta, 1995.

    BalasHapus